Sunday, September 8, 2013

10 Obat asam urat tradisional terbaik

Asam urat - Adalah senyawa turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L). Kelebihan hiperurisemia, hyperuricemia) atau kekurangan (hipourisemia, hyporuricemia) kadar asam urat dalam plasma darah ini sering menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.

Pada manusia, asam urat adalah produk terakhir lintasan katabolisme nukleotida purina, sebab tiadanya enzim urikase yang mengkonversi asam urat menjadi alantoin. Kadar asam urat yang berlebih dapat menimbulkan batu ginjal dan/atau pirai di persendian.
Gambar asam urat

Adapun penyebab penyakit asam urat:

  • Konsumsi zat-zat yang banyak mengandung purin secara berlebihan.
  • Zat purin dalam jumlah banyak masuk dalam tubuh, kemudian melalui metabolisme berubah menjadi asam urat.
  • Terjadinya peningkatan Kadar asam urat dalam tubuh, sehingga ginjal kita tidak mampu untuk membuang kelebihan asam urat.
  • Banyaknya kristal asam urat yang berlebih menumpuk di persendian.
  • Akibatnya sendi kita terasa nyeri, membengkak, meradang, panas dan kaku.

Berikut ini gejala dari penyakit asam urat:

  • Sendi terasa nyeri, ngilu, linu, kesemutan dan bahkan sampai membengkak dan berwarna kemerahan (meradang)
  • Biasanya pada persendian terasa nyeri saat pagi hari (baru bangun tidur) atau malam hari.
  • Terasa nyeri pada sendi terjadi berulang-ulang kali.
  • Yang diserang biasanya sendi jari kaki, jari tangan, dengkul, tumit, pergelangan tangan serta siku.
  • Pada kejadian kasus yang parah, persendian terasa sangat sakit saat akan bergerak.
Sebagian besar para penderita asam urat juga mempunyai penyakit lainnya seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes atau juga penyakit ginjal. Namun faktor kegemukan (obesitas) juga sering kali dijumpai pada penderita asam urat. Apabila penyakit asam urat tidak segera di obati maka bisa berkembang menjadi penyakit batu ginjal dan akhirnya bisa mengakibatkan gagal ginjal penderita asam urat tersebut.

Berikut adalah 10 obat tradisional untuk mengatasi asam urat ;

Obat asam urat lebih banyak yang diolah dari bahan alami karena bahan-bahan herbal terbukti dapat berkhasiat lebih baik. Berikut adalah beberapa obat asam urat yang paling ampuh dan dapat anda gunakan dan aplikasikan untuk mengatasi asam urat.
  1. Daun Salam - Obat Asam Urat Untuk mengatasi asam urat yang tinggi, caranya dengan merebus 10 lembar daun salam direbus dengan 750 cc air hingga tersisa 210 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Diminum tiap pagi dan sore. Untuk pencegahan, 7 lembar daun salam direbus dengan 2 gelas air hingga menjadi satu gelas. minum tiap hari satu gelas.
  2. Sirsak - Sirsak sebagai obat asam urat bisa menjadi solusi yang mudah dan akurat. Obat asam urat ini bisa dengan mudah ditemui dan pengolahannyapun sangat sederhana. Anda tinggal langsung mengkonsumsi sirsak secara langsung ataupun membuatnya sebagai jus. Sirsak sebagai obat asam urat bisa dikonsumsi setiap hari.
  3. Labu Siam Obat asam urat ini sangat mudah ditemui di pasar tradisional karena dikenal sebagai sayuran. Cara mengolah obat asam urat ini tidaklah sulit. And cukup memarut labu siam dan kemudian menyaringnya. Airnya dapat menjadi obat asam urat yang manjur jika diminum secara teratur.
  4. Cuka Apel Obat asam urat ini sudah dijual instant di pasaran sehingga memudahkan anda untuk menggunakannya. Anda tinggal menambahkan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dua sendok makan cuka apel ditambah 1 sendok madu kemudian dicampur air hangat sebanyak 60 cc dapat menjadi solusi untuk meredakan asam urat dengan cepat. Obat asam urat ini akan berkhasiat jika diminum secara rutin selama satu minggu setiap pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.
  5. Daun Kumis Kucing Cara mengkonsumsi kumis kucing bisa dicampur dengan beberapa bahan lainnya seperti meniran, sawi tanah, jahe merah dan kapulaga, bersihkan 10 gram daun kumis kucing, 15 gram sawi tanah, 15 gram meniram dan 15 gram jahe merah. semua bahan dimasukan kedalam rebusan 1 liter air hingga tersisa hanya setengahnya. minum air rebus ini pada pagi, siang dan sore hari. masing-masing sekitar 200 mili. dengan melakukan hal ini secara teratur makan bisa dipastikan penyakit asam urat anda akan sembuh.
  6. Tanaman Sidaguri cara mengkonsumsi sidaguri cukup mudah yaitu, masukan 50 gram herba kering sidaguri kedalam rebusan 4 gelas air biarkan memdidih dan tersisa hanya setengahnya, minum air rebus ini 3 kali sehari pada pagi, siang dan sore hari. dengan melakukan hal ini secara teratur makan bisa dipastikan penyakit asam urat anda akan sembuh.
  7. Tanaman Sambiloto mengonsumsi sambiloto dengan cara merebus tanaman ini kedalam 6 gelas air dan dicampur dengan beberapa bahan herbal lainnya seperti 10 gram rimpang temulawak, 15 gram komfrey, 1 gram buah lada, direbus hingga tersisa sekitar 3 gelas saja minum air rebus ini 3 kali sehari pada pagi, siang dan sore hari. dengan melakukan hal ini secara teratur makan bisa dipastikan penyakit asam urat anda akan sembuh.
  8. Jus Ceri - Minum jus ceri setiap hari untuk membantu darah dan urin mengimbangi sifat asamnya dan disamping itu ceri juga kaya akan nutrisi-nutrisi dan kalium sehingga efektif menghilangkan rasa nyeri sebagai gejalan dari asam urat.
  9. Jus Lemon - Minum jus Lemon setiap hari untuk membantu merangsang tubuh untuk membentuk kalsium karbonat yang dapat menetralkan asam urat secara drastis.
  10. Cuka Madu - Mengkonsumsi cuka madu setiap hari dapat membantu menetralisir asam urat dan mempermudah proses pengeluran zat asam oleh ginjal, dan juga terbukti efektif untuk menghancurkan kristal asam urat.


Tips bagi penderita asam urat ;


  • Konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti kentang, yogurt, dan pisang.
  • Konsumsi buah yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberi.
  • Contoh buah dan sayuran untuk mengobati penyakit asam urat: buah naga, belimbing wuluh, jahe, labu kuning, sawi hijau, sawi putih, serai dan tomat.
  • Perbanyak konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi, singkong, roti dan ubi.
  • Kurangi konsumsi karbohidrat sederhana jenis fruktosa seperti gula, permen, arum manis, gulali dan sirup. Jangan minum aspirin.
  • Jangan bekerja terlalu keras/kelelahan.
  • Pada orang yang kegemukan (obesitas), biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit, maka sebaiknya turunkan berat badan dengan olahraga yang cukup.
  • Sesuaikan asupan energi dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan tinggi dan berat badan.

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk menyembuhkan penyakit ini

  • Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti jeroan (hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak), hindari makanan laut (udang, kerang, cumi, kepiting); makanan kaleng (kornet, sarden dan ekstrak daging), telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  • Menghindari makanan seperti emping, melinjo, kangkung dan bayam, daun singkong, daun jambu mete, asparagus, buncis dan kembang kol. Hindari kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, tempe, tauco, tauge, oncom) dan susu kedelai.
  • Menghindari makan buah durian, alpukat, nanas, air kelapa.
  • Hindari minuman dan makanan beralkohol.
  • Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit, maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
  • Banyak minum air putih, karena dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.

Pantangan Penderita Asam Urat

  • Makanan yang sudah dikalengkan (contoh: kornet sapi, sarden)
  • Daging kambing, daging sapi, daging kuda
  • Bebek, angsa dan kalkun
  • Jeroan: ginjal, limpa, babat, usus, hati, paru dan otak
  • Seafood: udang, cumi-cumi, sotong, kerang, remis, tiram, kepiting, ikan teri, ikan sarden
  • Ekstrak daging seperti abon dan dendeng
  • Kacang-kacangan: kacang kedelai (termasuk hasil olahan seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping
  • Sayuran: kembang kol, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, daun singkong, daun pepaya, kangkung
  • Keju, telur, krim, es krim, kaldu atau kuah daging yang kental
  • Buah-buahan tertentu seperti durian, nanas dan air kelapa
  • Makanan yang digoreng atau bersantan atau dimasak dengan menggunakan margarin/mentega
  • Makanan kaya protein dan lemak
Jika kita ingin terhindar dari penyakit asam urat cobalah untuk menghindari pantangan makanan yang bisa menyebabkan asam urat meningkat dan jika anda membutuhkan Obat asam urat pada dasarnya tidaklah sulit untuk didapatkan. Pengolahannyapun sangat sederhana dan tidak memerlukan waktu yang lama. Oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba 10 obat asam urat herbal tersebut sebagai solusi asam urat yang murah dan berkhasiat. okelaah saya rasa sekian dan terima kasih udah berkunjung dan jangan lupa komentarnya sob... ;)

No comments:

Post a Comment